Manhaj Salafy
Trending

Istimewanya Manhaj Salaf

Mempelajari manhaj atau metode pemahaman dan pengamalan ahlussunnah, inilah yang menyelamatkan. Diakhir zaman, mau tidak mau atau suka tidak suka perpecahan terjadi. Bid’ah dan hawa nafsu menyebar, banyak orang-orang yang melakukan penyimpangan atas nama Islam.

Berdasarkan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, diantaranya: فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، “Sesungguhnya orang yang hidup nanti (setelahku) akan melihat perpecahan yang banyak,” Ini adalah pernyataan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka solusi untuk selamat adalah berpegang teguh dengan manhaj golongan yang selamat. فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّيْنَ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، “maka hendaknya kalian senantiasa berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafa Ar-Rasyidin yang diberi petunjuk. Gigitlah ia dengan gigi geraham dan jauhilah oleh kalian perkara yang diada-adakan.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah) Ar-Rasyidin, artinya mereka memiliki petunjuk dalam mengamalkan agama.

Al-Mahdiyyin artinya mereka memiliki petunjuk dalam memahami agama. Dengan mempelajari pemahaman mereka, manusia dengan izin Allah akan selamat dari syubhat dan syahwat, ilmunya benar, pemahamannya lurus, pengamalan dan prakteknya benar sesuai dengan keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala. Inilah yang dinamakan ilmu yang bermanfaat dan mewariskan amal shalih.

Inilah sebab untuk menyelamatkan diri manusia. Belajar dengan pemahaman ahlussunnah wal jama’ah. Jadi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengecualikan mereka artinya golongan ini tidak masuk ke neraka selama mereka berpegang teguh ke pemahaman ini. Syaikh Hafizh al-Hakami dalam kitab Ma’arijul Qabul berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jujur, yang benar dan dibenarkan telah menyampaikan kepada kita didalam hadits yang shahih bahwa golongan yang selamat adalah mereka yang mengikuti petunjuk seperti yang diamalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan diamalkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum ajma’in.”

Selamat menyimak semoga bermanfaat.

Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/ Rodja.TV: https://rodja.tv/

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker