Beranda » Akidah » FOKUS MENUJU GARIS FINISH

FOKUS MENUJU GARIS FINISH

Tidak terasa Ramadhan sudah semakin mendekati titik akhir, itu artinya Setiap kita harus lebih memacu ritme ibadah , sebagaimana yang di contohkan panutan kita Rasulullah ﷺ.

Aisyah radhiyallahu anha mengatakan :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَجْتَهِدُ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِيْ غَيْرِهِ

“Adalah Rasulullah ﷺ bersungguh-sungguh beribadah pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan , tidak seperti bersungguh-sungguh nya pada malam malam yang lain .” (HR Muslim).

Beliau ﷺ membangunkan para istrinya dan keluarganya, menghidupkan malam malam nya untuk beribadah serta mengencangkan kain sarungnya, sebagai ungkapan untuk bersungguh sungguh dalam beribadah atau bermakna menjauhi para istrinya dengan tidak mencampurinya, demi fokus ibadah dan bertaqarrub kepada Allah ﷻ di malam yang penuh berkah.

Aisyah radhiyallahu anha berkata :

كَانَ النَّبِىُّ ﷺ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

“Adalah Nabi ﷺ bila sepuluh malam terakhir telah masuk, mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain, Aisyah radhiyallahu anha mengatakan :

وَلَا أَعْلَمُ نَبِيَّ اللَّهِ ﷺ قَرَأَ الْقُرْآنَ كُلَّهُ فِي لَيْلَةٍ وَلَا قَامَ حَتَّى الصَّبَّاحِ، وَلَا صَامَ شَهْرًا كَامِلًا غَيْرَ رَمَضَانَ

Aku tidak mengetahui Rasulullah ﷺ membaca Al Qur’an semalam suntuk kecuali di bulan Romadhan, demikian juga aku tidak melihat Rasulullah ﷺ shalat semalam suntuk kecuali dibulan Ramadhan, tidak pula aku melihat beliau puasa sebulan penuh kecuali di bulan Romadhan” (HR An Nassai)

Jangan putus asa bagi yang telah menyia nyiakan ibadah di awal romadhan , maka inilah ujung romadhan dimana amalan tergantung di penghujungnya.

Orang yang mulia adalah orang yang memuliakan malam malam lailatul Qadar, dengan mempersiapkan diri memperbanyak amalan ibadah padanya, semoga istiqamah.

Abu Ghozie As Sundawie

Tentang Abdul Aziz

Periksa Juga

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5)

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5) Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie   Diantara amalan spesial dipenghujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *