Beranda » Akhlak » Sabar dan Shalat Penolong Orang yang Beriman

Sabar dan Shalat Penolong Orang yang Beriman

Sabar dan Shalat Penolong Orang yang Beriman

Mutiara Hikmah dari Al-Qur’an

 

Allah berfirman,

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱسۡتَعِینُوا۟ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّـٰبِرِینَ.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” [Al-Baqarah : 153]

Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman, agar meminta bantuan dari Allah dalam seluruh urusan mereka dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa, serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan yang mendekatkan kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan-Nya, Taufik dan tuntunan-Nya kepada jalan yang lurus.

Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di رحمه الله,
Allah Ta’ala memanggil hamba-hamba-Nya yaitu orang Islam untuk menunjukkan kepada mereka, hal yang membantu tegar di atas kiblat pilihan Allah untuk mereka. Dan untuk tetap mengingat Rabbnya, bersyukur, tidak melupakan-Nya, dan tidak kufur kepada-Nya. Allah berfirman “Hai orang-orang yang beriman mohonlah pertolongan..” yaitu atas tuntutan kepada kalian untuk tetap teguh, bersyukur, tidak melupakan-Nya, dan tidak kufur kepada-Nya dengan kesabaran yang mana hal itu adalah dengan menahan diri serta melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan dengan mendirikan shalat. Kemudian Allah memberitahukan bahwa Dia bersama dengan orang-orang yang sabar, memberikan pertolongan dan kekuatan. Apabila mereka mau bersabar, maka akan mendapatkan pertolongan dan kekuatan dari Allah.
(Taisir Karim Ar-Rahman, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di)

Surat Al-Baqarah termasuk madaniyah. Ia turun di Madinah. Surat terpanjang dalam Al Quran ini mengatur manhaj dan undang-undang kehidupan. Banyak kisah di dalamnya, terutama kisah Bani Israil. Bahkan surat ini dinamakan Al Baqarah (البقرة) karena kisah Bani Israil yang diperintahkan menyembelih seekor sapi betina (baqarah).
Demikian pula ayat 153 ini juga tergolong madaniyah. Ia menunjukkan pentingnya sabar dan shalat. Dua solusi dalam menghadapi permasalahan-permasalahan di dunia ini dan di akhirat nanti.

Berkata Imam Ibnu Katsir رحمه الله,
Setelah Allah menerangkan perintah bersyukur pada ayat berikutnya, melalui ayat ini Allah memerintahkan sabar dan hikmah di dalamnya. Juga pentingnya shalat sebagai solusi.
Syukur dan sabar merupakan dua kutub kebaikan dalam kehidupan seorang mukmin. Keduanya menjadikan kehidupan kaum mukminin selalu berada dalam kebaikan.

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim)

Selain meneguhkan kesabaran, ketika menghadapi musibah atau suatu permasalahan, Allah menuntun orang yang beriman untuk memperbanyak shalat. Meminta pertolongan kepada-Nya dengan sabar dan shalat. Sebagaimana firman-Nya pada ayat yang lain:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (Al-Baqarah : 45)

Allah menjelaskan bahwa sarana yang paling baik untuk menanggung segala macam cobaan adalah sikap sabar dan banyak shalat.
(Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim, Ibnu Katsir)

Wallahu a’lam

Ustadz Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

 

User Rating: Be the first one !

Tentang Abu Syifa

Periksa Juga

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5)

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5) Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie   Diantara amalan spesial dipenghujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *