Beranda » Artikel » Munculnya Gerakan Tasykik (Meragukan) Kebenaran Islam

Munculnya Gerakan Tasykik (Meragukan) Kebenaran Islam

Bersabarlah, janji Allah itu pasti benar !

فَٱصۡبِرۡ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَقࣱّۖ وَلَا یَسۡتَخِفَّنَّكَ ٱلَّذِینَ لَا یُوقِنُونَ.

“Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu.”
[Surat Ar-Rum 60]

Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di رحمه الله,

Allah memerintahkan Rasululloh untuk tetap Istiqomah diatas perintah-Nya dan berdakwah kepada mereka meskipun engkau melihat mereka berpaling. Janganlah hal itu menghalangimu dari menjalankan tugasmu.

Datangnya pertolongan dari-Nya.
Hal ini dapat membantu seseorang untuk bersabar, karena seorang hamba apabila mengetahui bahwa amalnya tidak akan sia-sia, bahkan ia akan memperolehnya secara sempurna, maka akan ringan segala derita yang akan dihadapinya dan semua yang susah pun menjadi mudah, dan amal yang banyak pun menjadi sedikit.

Iman dan keyakinan mereka yang menentang itu lemah sehingga akalnya pun lemah dan kesabarannya pun ikut lemah. Oleh karena itu, janganlah kamu digelisahkan oleh mereka yang lemah iman itu.

Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang kuat iman dan keyakinan, maka akalnya kuat, mudah bersabar, sedangkan orang yang lemah iman dan keyakinan, maka akalnya ikut lemah dan tidak bersabar.

Orang yang kuat itu ibarat inti dalam buah, sedangkan yang lemah itu ibarat kulit buah, wallahul mustaa’an.

(Taisir Karim Ar-Rahman, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di)

Berkata Imam Ibnu Katsir رحمه الله,

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ}

Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar. (Ar-Rum: 59-60)

أي : اصبر على مخالفتهم وعنادهم ، فإن الله تعالى منجز لك ما وعدك من نصره إياك ، وجعله العاقبة لك ولمن اتبعك في الدنيا والآخرة ، ( ولا يستخفنك الذين لا يوقنون ) أي : بل اثبت على ما بعثك الله به ، فإنه الحق الذي لا مرية فيه ، ولا تعدل عنه وليس فيما سواه هدى يتبع ، بل الحق كله منحصر فيه .

Yakni bersabarlah kamu dalam menghadapi sikap mereka yang menentang dan keingkaran mereka itu, karena sesungguhnya Allah pasti akan menunaikan apa yang telah Dia janjikan kepadamu, yaitu menolongmu dalam menghadapi mereka dan menjadikan kesudahan yang baik hanya bagimu dan bagi orang-orang yang mengikutimu di dunia maupun di akhirat.

{وَلا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِينَ لَا يُوقِنُونَ}

dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu. (Ar-Rum: 60)
melainkan tetap teguhlah kamu dalam melaksanakan risalah Allah yang dipercayakan kepadamu, karena sesungguhnya hal itu adalah perkara hak yang tiada keraguan padanya.

Janganlah kamu menyimpang darinya, karena pada jalan yang lain tiada hidayah yang dapat diikuti, melainkan perkara hak itu hanyalah terdapat di dalam risalah yang kamu bawa.

Sa’id telah meriwayatkan dari Qatadah, bahwa seorang lelaki dari kalangan Khawarij menyeru sahabat Ali رضي الله عنه yang saat itu sedang mengerjakan salat Subuhnya, seraya membacakan firman-Nya: Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (Az-Zumar: 65)
Sahabat Ali diam mendengarkannya hingga memahami apa yang dimaksud oleh si orang Khawarij itu.

Maka ia menjawabnya, sedangkan ia masih berada dalam salatnya dengan membaca ayat: {Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu}. (Ar-Rum: 60)
(Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim, Imam Ibnu Katsir)

Faedah ayat,
Gerakan tasykik (meragukan) terhadap kebenaran ayat-ayat Allah yang dipelopori oleh musuh-musuh Islam dari kalangan orang kafir, Orientalis, Misionaris, dan disokong dari dalam oleh kaum liberal yang mengaku muslim, bukan merupakan gerakan baru dizaman sekarang saja, gerakan ini sudah masif terjadi sejak permulaan Islam dibawa oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Demikian pula dengan apa yang dilakukan oleh kelompok-kelompok sempalan Islam dari sekte yang menyimpang dan sesat, seperti kaum Syiah, mu’tazilah, murjiah dan khawarij (takfiri) yang ikut merongrong kebenaran Islam dengan gerakan mereka.

Sehingga kaum muslimin harus terus mewaspadai sampai kapanpun munculnya gerakan ini.

Maka Allah memerintahkan Rasululloh untuk bersabar atas apa yang menimpanya, berupa gangguan dan pendustaan dari kaumnya kepadanys.

Sesungguhnya apa yang Allah janjikan kepada beliau berupa kemenangan, kekuasaan dan pahala adalah haq, tiada keraguan padanya.

Demikian pula kepada para pengikutnya dari para sahabat dan orang-orang setelah mereka.
Agar jangan sampai gerakan tasykik itu memalingkan mereka dari agamanya yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak meyakini kebangkitan dan tidak membenarkan pembalasan.

Wallahu a’lam

Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

Tentang Abdul Aziz

Periksa Juga

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5)

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5) Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie   Diantara amalan spesial dipenghujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *