Beranda » Artikel » Janji Allah itu benar adanya, jangan sampai dunia memperdayakanmu …!

Janji Allah itu benar adanya, jangan sampai dunia memperdayakanmu …!

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا ۖ وَلَا يَغُرَّنَّكُم بِاللَّهِ الْغَرُورُ .
“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.” (Fathir: 5)

Berkata Imam Ibnu Katsir رحمه الله,
Firman Allah,
{يا أيها الناس إن وعد الله حق}
“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar”
أي : المعاد كائن لا محالة ،
Hari berbangkit itu pasti terjadi dan tidak bisa dielakkan lagi.

{فَلا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا}
“Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu”
أي : العيشة الدنيئة بالنسبة إلى ما أعد الله لأوليائه وأتباع رسله من الخير العظيم فلا تتلهوا عن ذلك الباقي بهذه الزهرة الفانية ، ( ولا يغرنكم بالله الغرور ) وهو الشيطان.
Yaitu kehidupan yang rendah bila dibandingkan dengan pahala yang telah disediakan oleh Allah bagi kekasih-kekasih-Nya dan para pengikut rasul-rasul-Nya, berupa kebaikan yang sangat besar. Karena itu, janganlah kalian melupakan kebahagiaan yang abadi itu karena adanya perhiasan duniawi yang fana ini.
{وَلا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ}
dan sekali-kali janganlah orang yang pandai menipu memper­dayakan kamu tentang Allah. (Fathir: 5)
Yakni setan.

Ibnu Abbas رضي الله عنه mengatakan sehubungan dengan makna ayat ini, bahwa sekali-kali jangan kamu biarkan setan menipu kalian dan memalingkan kalian dari mengikuti utusan-utusan Allah dan membenarkan kalimah-kalimah-Nya. Karena sesungguhnya setan itu pada hakikatnya adalah penipu, pendusta, dan pembual. Makna ayat ini sama dengan ayat yang ada di dalam surat Luqman melalui firman-Nya:
{فَلا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ}
maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (menaati) Allah. (Luqman: 33)

Malik telah meriwayatkan dari Zaid ibnu Aslam, bahwa yang dimaksud dengan penipu di sini adalah setan, sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang mukmin terhadap orang-orang kafir kelak di hari kiamat ketika diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat, dan disebelah luarnya dari situ ada siksa. Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mukmin) seraya berkata, “Bukankah kami dahulu bersama dengan kamu?”
{قَالُوا بَلَى وَلَكِنَّكُمْ فَتَنْتُمْ أَنْفُسَكُمْ وَتَرَبَّصْتُمْ وَارْتَبْتُمْ وَغَرَّتْكُمُ الأمَانِيُّ حَتَّى جَاءَ أَمْرُ اللَّهِ وَغَرَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ}
Mereka menjawab, “Benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu (kehancuran kami) dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah; dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh (setan) yang amat penipu. (Al-Hadid: 14)
(Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim, Imam Ibnu Katsir)

Dulu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabat yang masih sangat sederhana kehidupannya sudah diingatkan oleh Allah akan dahsyatnya tipu daya dunia.
Maka nasehat ini sangat tepat untuk diungkapkan lagi dizaman sekarang ini, dimana manusia telah banyak terlalaikan dari kehidupan akhirat.
Kemajuan zaman dengan teknologi dan komunikasinya menjadikan manusia lebih sibuk dengan gemerlapnya dunia dari menyiapkan dirinya menghadapi hari depan esok berupa kematian dan kebangkitan.

Begitu mudah syaiton memperdayakan manusia dari jalan Islam yang lurus yang mengantarkannya kepada keselamatan kehidupan abadi untuk mengejar secuil nilai keniknatan duniawi, walau melalui jalan batil dan dzalim dengan menipu, khianat, korupsi atsu membunuh sesamanya.

Wallahu a’lam

Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

Tentang Abdul Aziz

Periksa Juga

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5)

RENUNGAN PERPISAHAN (bag-5) Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie   Diantara amalan spesial dipenghujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *