Beranda » Artikel » STUDI TAMBAHAN LAFADZ HADITS YANG DINILAI LEMAH DALAM KITAB AL-AHADITS AS-SHAHIHAH, KARYA SYEIKH AL-ALBANY (14)

STUDI TAMBAHAN LAFADZ HADITS YANG DINILAI LEMAH DALAM KITAB AL-AHADITS AS-SHAHIHAH, KARYA SYEIKH AL-ALBANY (14)

STUDI TAMBAHAN LAFADZ HADITS YANG DINILAI LEMAH DALAM KITAB AL-AHADITS AS-SHAHIHAH, KARYA SYEIKH AL-ALBANY (14)

Oleh Syaikh ‘Amr Abdul Mun’im Salim (Hafidzahullah)

 

TAMBAHAN LAFADZ : At-taslim ‘Ala An-Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam)

DALAM HADITS : Abi Usaid atau Abi Humaid tentang do’a masuk dan keluar dari masjid

Aku berkata : Hadits Abi Usaid dan Abi Humaid tentang do’a masuk dan keluar dari masjid
Imam Ahmad mengeluarkannya (5/425), Muslim (1/494), An-Nasa’i dalam “Al-Mujtaba” (2/53), dan dalam “Amal al-Yaum wa Lailah” (177), dari jalan Sulaiman bin Bilal, dari Rabi’ah bin Abdirrahman, dari Abdul Malik Said, dari Abi Humaid, dari Abi Usaid, ia berkata, Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid maka hendaklah ia berdo’a :”Allahumma iftahli abwaba rahmatik (Ya, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu) dan apabila ia keluar maka hendaklah ia berdo’a “Allahumma inni as’aluka fin fadhlik (Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari-Mu keutamaan)

Ibnu Majah mengeluarkan dalam “Sunan” (772) dari jalan Ismail bin ‘Iyas, dari ‘Amarah bin Ghazyah, dari Rabi’ah dengan sanadnya. Dan ia menambahkan di awalnya : “Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaknya ia mengucapkan salam atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” lalu ia menyebutkan hadits tersebut.

Ini merupakan sanad yang lemah, karena Ismail bin ‘Ayasy adalah perawi yang dha’if dalam riwayatnya dari selain penduduk Syam, sedangkan ‘Imarah bin Ghazyah berasal dari madinah. Akan tetapi dikuatkan oleh Bisyr bin Al-Mufadhal, dari ‘Amarah dengan semisalnya tanpa menyebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Baihaqy meriwayatkannya dalam al-Qubra (2/441) : Abu Abdillah al-Hafidz telah menceritakan kepada kami, Abdullah bin Muhammad bin Nu’man al-Isfirayini, Abu Muslim bin Ibrahim bin Abdullah telah menceritakan kepada kami, Musaddad telah menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mufaddzal telah menceritakan kepada kami, dari ‘Amarah bin Ghazyah, dengan lafadz : “Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaknya ia mengucapkan salam dengan mengatakan : ….. tanpa menyebut : “Atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”.
Aku berkata : Syeikh Al-Hakim ini, kami telah bersungguh-sungguh untuk mendapat biografi beliau akan tetapi kami tidak mendapatkannya.

Sementara Syeikh Muqbil –semoga Allah merahmatinya- tidak menyebutkannya dalam para perowi Al-Hakim. Yang jelas, hadits ini telah shahih dari jalan Bisyr bin Al-Mufaddzal tanpa tambahan ini.

Imam Muslim mengeluarkannya (1//495) : Hamid bin Umar Al-Bakrawy telah menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mufaddzal telah menceritakan kepada kami dengan sanadnya tanpa tambahan ini. Akan tetapi Abu Dawud telah mengeluarkan dari jalan ad-Darawardy, dari Rabi’ah. Di dalamnya terdapat mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sedangkan ad-Darawardy masih di bawah Sulaiman bin Bilal dalam hafalan dan kompeten. Apalagi jika Sulaiman bin Bilal dikuatkan oleh ‘Amarah bin Ghazyah dalam hadits tanpa adanya tambahan?!

Ad-Darini berkata : Aku bertanya kepada Ibnu Ma’in, kamu lebih menguatkan Sulaiman atau ad-Darawardy? Maka ia menjawab : Sulaiman, dan keduanya adalah terpercaya.

Aku berkata : sebagian mereka (ulama) melunakkan Ad-Darawardy, Akan tetapi hadits ini mempunyai jalan lain di At-Thabrany dalam “Ad-Du’a” (426) : Zakariyah bin Yahya as-Saji telah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Said Al-Hamaday telah menceritakan kepada kami, Ibnu Wahb telah menceritakan kepada kami, Yahya bin Abdillah bin Salim telah menceritakan kepada kami, dari ‘Amarah bin Ghazyah, ia mendengar Rabi’ah bin Abi Abdirrahman berkata : Aku mendengar Aba ‘Usaid dan Aba Humaid, semoga Allah meridhai keduanya, keduanya berkata : Maka ia menyebutkan hadits tersebut dengan adanya tambahan ini.

Ini adalah riwayat yang mungkar, dari sisi karena menjadikan hadits ini dari riwayat Abi ‘Usaid dan ‘Abi Humaid, sedangkan yang shahih adalah datang dengan nama kedua sahabatnya. Dan tuntutan dalam riwayat ini ada pada Yahya bin Abdillah bin Salim, karena sekalipun ia dikuatkan oleh Ad-Daraqutny dan dipercaya oleh An-Nasa’i dengan ucapannya : “lurus haditsnya.” Akan tetapi Ibnu Ma’in melunakkannya dengan ucapannya : “jujur, tapi lemah haditsnya.” Ibnu Hibban juga berkata : “Kadang-kadang ia membuat keanehan”.

Aku berkata : Sungguh, ia telah membuat keanehan dalam riawatnya ini dan menyelisihi Bisyr bin al-Mufadhal. Allahu ‘alam

📚 [ Tambahan lafadz yang lemah dalam kitab Al-Ahadits As-Shahiha, karya Syaikh Al-Albani –Rahimahullah-, karya Syaikh ‘Amr Abdul Mun’im Salim, Hafidzahullah, hal : 28-30 ]

Alih Bahasa
Al-faqir ila ‘afwi Rabbih
Ustadz Hamidin As-Sidawy Abu Harits
Islamic Centre Dakwah, Makkah al-mukarramah
(29/04/1442 H )\

__⁣⁣_⁣________________________

Multaqa Duat Indonesia – MDI

( Forum Kerja Sama Dakwah Para Da’i Salafy, Ahlu Sunnah wal Jama’ah Se-Indonesia )

🌏 Web: https://multaqaduat.com
📹 Youtube: http://bit.ly/multaqaduat
📺 Instagram: http://bit.ly/igmultaqaduat
📠 Telegram: https://t.me/multaqaduat
🎙️ Twitter: http://bit.ly/twittermultaqaduat
📱 Facebook: www.fb.com/multaqaduat⁣⁣⁣⁣⁣
📱 Facebook: www.facebook.com/groups/384944829178650/?ref=share
✉️ Email : TeamMediaMDI2020@gmail.com
☎️ Admin MDI: wa.me/6282297975253⁣⁣

Semoga istiqomah dan mudah mudahan program ini  menjadi pintu Hasanat, Barokah dan Jariyah untuk kita semua. Amiiin

Jazakallah khair ala TA’AWUN

__⁣⁣_⁣_____

📦 Infaq Donasi Program Kaderisasi, Da’i Pedalaman, Kemanusiaan, Dakwah, Media:

🔹 Bank Mandiri Syariah, No Rek 711-615-0578 (Kode Bank: 451), Atas Nama: Multaqo Du’at

Konfirmasi Transfer melalui Whatsapp/SMS dengat format:

Nama_Alamat_Nominal_Kaderisasi Da’i

Contoh:

Ahmad_Medan_Rp. 2.000.000_Kaderisasi Da’i

Kirim ke nomor:

📱 082297975253

Ust. Amrullah Akadhinta (Bendahara MDI)

User Rating: 5 ( 1 votes)

Tentang Abu Syifa

Periksa Juga

NASEHAT DI KARAVEA, TANJUNG KARANG DONGGALA

NASEHAT DI KARAVEA, TANJUNG KARANG DONGGALA   Disampaikan oleh Al-Ustadz Maududi Abdullah –hafidzahullah-, tadi malam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *