Beranda » Hadits » STUDI HADITS YANG DINILAI PALSU (6)

STUDI HADITS YANG DINILAI PALSU (6)

🔰 STUDI HADITS YANG DINILAI PALSU (6)

OLEH IMAM MUHAMMAD NASIRUDDIN AL ALBANI DALAM SUNAN AL-ARBA’AH
(RahimahuAllah)

💠 At-Tirmidzi –semoga Allah merahmatinya- berkata : (No : 2494).

Telah menceritakan kepada kami Salama bin syabib, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Abdullah al Ghifary al Madany, bapak-ku telah mencaritakan kepadaku dari Abi Bakr al Munkadir, dari Jabir, ia berkata : Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Tiga golongan yang Allah akan membukakan hijab-Nya kepadanya dan memasukkannya ke surga-Nya: orang yang berbuat baik kepada orang yang lemah, menyayangi kedua orangtua dan berbuat baik kepada budak.”

📗 Syeikh Al Albany berkata dalam Ad Dha’ifah (No : 92) : Maudhu’. Dikeluarkan oleh At-tirmidzi (3/316) dari jalan Abdullah bin Ibrahim al Ghifary al-Madany : Telah menceritakan bapak-ku dari Abi Bakr bin al Munkadir dari Jabir secara Marfu‘.

Tirmidzi berkata : “Ini adalah hadits gharib.”
Syeikh Al albany berkata : “Abdullah bin Ibrahim dinisbatkan oleh Ibnu Hibban bahwa ia memalsukan hadits.

Al hakim berkata : “Dia meriwayatkan hadits-hadits palsu dari sekelompok perawi yang lemah dan tidak diriwayatkan oleh yang lainnya.”

Syeikh Al albany : “Bapaknya dia adalah seorang yang Majhul sebagaimana yang datang dalam taqrib.” dengan sanad ini maka hadits ini menjadi palsu.

Al mundziri membawakan hadits ini dalam “At targhib” (2/49) sambil mengisyaratkan kelemahannya dengan tambahan :”Tiga golongan yang akan mendapatkan naungan Allah di bawah ‘Arsy-Nya di hari tidak ada naungan melainkan naungan-Nya: Berwudhu dalam keadaan susah, berjalan menuju masjid dalam kegelapan dan memberi makan orang lapar.

Ia (Mundziri) mengatakan : Tirmidzi meriwayatkan tiga bagian yang pertama saja. Dan ia berkata : “Hadits Gharib.” Diriwayatkan oleh Abu Syeikh dalam “ATS-TSAWAB” dan Abu Qosim Al ashbahany secara sempurna. Hadits ada dalam Ad-dhaif (no : 2555)

📚(Penyusun, Syeikh Muhammad Syuman Ar-ramly, Ahadits As-Sunan Al arba'ah Al Maudhu'ah, Hal : 18)
✒Alih Bahasa : Ustadz Abu Harits Hamidin As Sidawy (15/03/1442 H)
User Rating: 5 ( 1 votes)

Tentang admin

Periksa Juga

STUDI TAMBAHAN LAFADZ HADITS YANG DINILAI LEMAH DALAM KITAB AL-AHADITS AS-SHAHIHAH, KARYA SYEIKH AL-ALBANY (18)

STUDI TAMBAHAN LAFADZ HADITS YANG DINILAI LEMAH DALAM KITAB AL-AHADITS AS-SHAHIHAH, KARYA SYEIKH AL-ALBANY (18) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *